Sebelas Lembaga Dakwah Kampus Syahid Fakultas Resmi Dilantik

Setelah dilantiknya LDK Syahid oleh Rektor Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatyllah Jakarta,  pada  Sabtu, 17 Februari 2018 di teater lantai 2 Fakultas Ekonomi dan Bisnis telah diselenggarakan pelantikan Lembaga Dakwah Kampus Syahid Fakultas (LDKSF) oleh ketua LDK Syahid 22.

DSCF1673

Sambutan pada acara ini disampaikan oleh ketua LDK Syahid 22, Abdussomad dan kaetua LDK Syahid 21, Mus’ab Izzudin. Dalam sambutannya, Abdussomad sangat berterima kasih kepada panitia yang telah menyelenggarakan acara pelantikan dengan baik dan rapi. Ia pun menyampaikan pesan semangat untuk pengurus baru LDKSF. “Apakah kita sudah berdakwah secara maksimal?  Sudahkah dirasakan oleh saudara fakultas kita? Jika membuat program kerja tetapi civitas akademika tidak merasakan dakwah kita, maka perlu dipertanyakan” tegas Abdussomad.

WhatsApp Image 2018-02-17 at 22.27.58

Sambutan yang kedua oleh Mus’ab Izzudin. Pada momen pelantikan ini, Musab Izzudin menyampaikan pesan mengenai amanah yang hanya mampu dipikul oleh manusia saja, sedangkan makhluk Allah lainnya tidak menyanggupi. Begitu pun dalam Islam, ia menyebutkan bahwa tidak ada jabatan yang membuat manusia aman, karena dengan amanah itulah perhitungan amal kita di sisi Allah akan melalui proses yang lebih lama. “Semoga Allah kuatkan kita semua. Mari kita jadikan dakwah meluas, bukan hanya di LDK saja agar keberkahan Allah selalu menyertai kita” tutur Mus’ab Izzudin.

Disela acara, panitia pelantikan melakukan penggalangan dana  Kapal Kemanusiaan Untuk Palestina yang nantinya disalurkan kepada Aksi Cepat Tanggap (ACT) dengan programnya melayarkan 10.000 ton beras menuju bumi Al-Aqsa.

Acara dilanjutkan dengan penyampaian taujih oleh Ustadz Sigit Kamseno, S. Sos, Kepala Sub bagian Humas kementrian Agama RI. Beliau menyampaiakan materi mengenai cara public speaking yang berjudul Tabligh Memikat. Karena menjadi hal yang sangat dibutuhkan bagi penggiat dakwah untuk mampu menguasi cara berbicara di depan umum (mad’u; objek dakwah) sehingga tidak monoton dan mampu mengikat hati-hati mereka.

DWN0dUXVAAAiPfY

Dalam penyamapaiannya beliau mengawali dengan lima prinsip komunikasi efektif. Pertama, Respect: sikap menghargai kepada audiens; kedua, Emphaty: kemampuan menempatkan diri pada situasi; ketiga, Audible: suara dapat ditangkap atau dimengerti; keempat, Clarity: kejelasan dari pesan yang disampaikan, dan terakhir; humble: sikap rendah diri. “Ketika kita berbicara, audiens harus memahami seperti apa yang kita sampaikan” tutur ustadz Sigit Kamseno dalam taujihnya.

WhatsApp Image 2018-02-17 at 22.27.55

Prosesi pelantikan yang dipimpin oleh Abdussomad berlangsung dengan khidmat. Diwakili oleh masing-masing penanggung jawab ikhwan dan akhwat Fakultas yang melantunkan janji setia. Mereka berjanji menjalankan amanah dakwah dengan baik selama satu periode di Lembaga Dakwah Kampus Syahid Fakultas.

Selanjutnya, setelah acara inti dilangsungkan, terdapat prosesi wisuda Kelas Minat Bakat (KMB) bagi kader LDK Syahid angkatan 2017 yang terdiri dari kelas bakat Sosial, Enterpreneur, Al-Qur’an, Dakwah Kreatif, Kepenulisan, dan Public Speaking.

 

 

 

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.