5 Tips Mencegah Penyebaran Virus Corona dengan Benar

Oleh : Rohmatul Hikmah

Pencegahan sangat penting lho!


Novel Coronavirus (2019-nCoV) atau yang dikenal virus corona yaitu virus baru berjenis dengan penyebab SARS dan MERS. Virus ini bisa dideteksi dengan termoscanner untuk mendeteksi suhu tubuh penderita. Penularan bisa terjadi dari manusia ke manusia. Orang yang terindikasi terlihat pada suhu tubuhnya di atas 38 derajat celcius dan posturnya berwarna merah. Virus corona dapat menimbulkan kesakitan pada manusia dengan gejala ringan sampai berat.

Penularan infeksi hampir sebagian besar terjadi di layanan kesehatan karena ada kontak dengan orang yang terinfeksi. Namun tak hanya di layanan kesehatan, penyebaran virus ini bisa terjadi dimana saja. Bahkan Presiden RI virus ini sudah menjangkit warga Indonesia. Tak perlu khawatir, segala sesuatu pasti bisa dicegah termasuk virus ini. Virus corona bisa dicegah dengan berbagai cara. Berikut adalah tips untuk mencegahnya.

1. Menggunakan masker jika sakit atau sedang berada di keramaian

Pemakaian masker menjadi pencegahan yang paling utama untuk dilakukan. Namun, perlu diketahui jika penggunaan yang benar ketika sedang sakit dan berada di keramaian. Hal ini dikarenakan jika sedang sakit maka rentan terkena virus dan saat berada di tempat ramai potensi virus tersebar akan lebih banyak.

2. Selalu menjaga kebersihan tangan dengan membiasakan mencuci pakai sabun di bawah air mengalir

Mencuci tangan yang benar yaitu dengan menggunakan sabun dan mencuci di bawah air mengalir. Dengan sering mencuci tangan dan menjaga agar tetap bersih dapat mencegah tertular virus.

3. Istirahat cukup, asupan gizi yang baik dan tidak merokok

Menjaga pola tidur dengan istirahat dengan cukup disertai asupan gizi yang baik menjadi hal yang diharuskan agar tubuh selalu sehat. Jika kondisi sehat maka akan jauh dari penyakit termasuk bisa mencegah virus corona.

4. Tidak menyentuh mata, hidung dan mulut dengan tangan yang belum dibersihkan

Ketika tangan belum dibersihkan usahakan jangan menyentuh mata, hidung dan mulut. Karena indra ini sangat penting dan harus dijaga kebersihannya. Jika ingin menyentuh pastikan tangan bersih dan menggunakan tisu atau sapu tangan yang bersih.

5. Menerapkan etika batuk ketika sakit

Saat batuk menyerang jangan panik, apalagi sampai menghindar dari kerumunan orang-orang. Batuk pun punya etika agar penyakit ini tidak mudah menular atau membuat orang risih. Pakailah etika batuk dengan benar agar virus tidak mudah tersebar.

Memanglah sebaiknya kita paham betul tentang kondisi lingkungan tempat tinggal kita. Hal ini untuk memastikan bisa terhindar dari penyakit menular dari Virus Korona. Jagalah kebersihan dan kesehatan tubuh sekecil apa pun langkahnya.

Sumber Foto : http://pixabay.com/sweetlouise

Comments

comments