BERPRODUKTIF RIA DISAAT WABAH VIRUS CORONA MELANDA

Oleh : Fulanah Ketjeh

Hallo Assalamualaikum Sobat Syahid..

Gimana kabarnya? Semoga Selalu Sehat yaa..

Hmmmm, kayaknya ada yang lagi bete nihh di rumah mulu. Kuliah diliburin, tapi nugas nambah mulu? Iya ngak sih?

Udah, jangan banyakin ngeluh.. Mimin ada tips nih untuk sobat syahid di rumah biar lebih produktif.

Sudah hampir sebulan lebih yaa wabah penyakit Virus Covid 19 menimpa dunia. Maka tidak mengherankan pula jika banyak wilayah memberlakukan lockdown atau mengurangi aktivitas di ruang publik. Mungkin bagi yang sudah biasa berdiam diri di rumah, tidak akan sulit kan menghadapi masa lockdown ini. Namun apa jadinya bagi sobat syahid yang sudah terbiasa melakukan kegiatan produktif di luar rumah?

Sumber Foto : https://pixabay.com/id/photos/dewasa-sofa-pria-kucing-2178466/

Untuk Sobat Syahid yang terbiasa melakukan kegiatan di luar rumah tentu akan merasakan malapetaka luar biasa jika terjadi lockdown. Apalagi saat ini sudah mulai banyak kantor, sekolah, dan lainnya memberlakukan work from home atau melakukan kegiatan/pekerjaan di rumah. Jangan sampai kamu risau berlebihan ya! Kamu tetap bisa produktif di dalam rumah kok. Bahkan bagi yang jarang diam di rumah, sudah waktunya sobat syahid menikmati nikmatnya diam di rumah sendiri tanpa cranky. Apalagi untuk para ukhty, di rumah lebih baik ya hihih. Sobat syahid bisa lakukan beberapa hal berikut agar tetap produktif dan nyaman berdiam diri di rumah.

1. Membaca Buku

Untuk sobat syahid yang suka membaca atau bingung harus melakukan apa selama berada di rumah, kalian bisa mencoba untuk membaca buku. Nah untuk yang jarang sekali membaca buku hingga tidak punya buku cerita atau novel untuk dibaca, kalian bisa coba menggunakan e-book yang dapat digunakan di smartphone kalian. Baca buku yang bermanfaat yaa sobat syahid!

Tapi, eh tapi, buat sobat syahid yang mau Pdkt sama baginda Rasulullah Saw, bisa banget nih ambil kesempatan ini. Coba deh sobat syahid baca buku Sirah Nabawiyah, insya Allah banyak nilai positif dari membaca buku ini. Selain kita semakin dekat dengan sang baginda, kita juga bisa mendapatkan pengetahuan lebih. Gimana? Asik engga tuh sobat syahid? Kayak menyelam sambil minum kopi, eh minum air hihi..

Sumber Foto : https://pixabay.com/id/photos/daun-buku-warna-kopi-piala-1076307/

2. Menonton Film

Siapa yang tidak menyukai film? Tentu semua orang menyukainya. Menonton film akan sangat seru dilakukan baik sendiri maupun bersama keluarga jika terjadi lockdown. Terlebih jika kita menontonnya secara maraton untuk menghabiskan waktu libur. Pasti sobat syahid pernah maraton menonton film ketika waktu liburan kan? Hayoo ngaku..

Bicara tentang film, sobat syahid bisa banget nih menonton film yang berbau sejarah. Eh, bau? Ehm, maksud Mimin film yang berhubungan dengan sejarah gituu, kan seru tuh. Apalagi tentang sejarah Islam. Masa sih min? Iya sob, coba deh tonton film sejarah Islam. Selain kita mengetahui lebih banyak mengenai Islam pada masa lampau, kita juga bisa terinspirasi dari tokoh-tokoh Islam yang terlibat dalam berdakwah untuk mengukir peradaban Islam lho! Insya Allah bakal banyak sisi positif yang sobat syahid dapet deh.

Sumber Foto : https://pixabay.com/id/photos/tv-pria-menonton-kamar-kantor-3774381/

3. Berolahraga

Selanjutnya sobat syahid bisa berolahraga ringan di dalam rumah untuk menghabiskan waktu luang dan membuat badan tetap sehat. Bicara tentang olahraga nih, sobat syahid pasti tahu kan 10 Muwashofat Tarbiyah? Qowiyyul jismi (kekuatan jasmani) adalah salah satu dari 10 Muwashofat Tarbiyah yang  paling utama lho! Kenapa kekuatan jasmani yang paling utama min? Jadi begini sob, pernah dengar enggak kalimat “mencegah lebih baik daripada mengobati”? Itu berarti kita harus menjaga kesehatan sob. Sakit itu berarti kita harus beli obat, belinya pasti pakai uang, sudah begitu ketika sakit pun melakukan aktivitas pasti rasanya enggak enak kan? Kita sebagai seorang muslim yang baik, alangkah baiknya menjaga kesehatan agar nyaman ketika kita beribadah kepada Allah. Maka dari itu olahraga bisa jadi salah satu usaha kita dalam menjaga kesehatan. Keren enggak tuh? Eheheh..

Sumber Foto : https://pixabay.com/id/illustrations/tekan-up-push-up-tekan-up-mendorong-4925111/

4. Mempelajari Al-Qur’an

Apa kabar hafalan Al-Qur’an? Tilawah sobat syahid lancar? Seberapa jauh sobat syahid mengenal Al-Qur’an?

Hihi, pertanyaan ini makjleb banget sih, min. Jujur, Mimin juga masih jauh dari kata baik dalam mendalami Al-Qur’an, tapi perlu digarisbawahi bahwa tidak ada kata terlambat bagi kita yang mau mempelajari Al-Qur’an. Sobat syahid bisa banget nih mengisi waktu luang dengan memperbaiki bacaan Al-Qur’an, yang mau menambah hafalan oke banget, apalagi yang mau mendalami tafsir Al-Qur’an, boleh banget euy.. Sobat syahid sendiri juga pasti tahu dong ya keutamaan apa saja sih yang bakal kita dapat dari mempelajari Al-Qur’an. Diantaranya ialah dapat mendekatkan kita kepada Allah, memberikan ketenangan hati, juga menjadi kemuliaan bagi orang tua kita nanti di surga, dan bahkan membaca satu ayatnya saja kita bisa mendapatkan pahala, insya Allah.

Sumber Foto : Admin

5. Mengerjakan Tugas

Buanglah rasa malas untuk mengerjakan tugas alias PR. Nah mengerjakan PR itu sangat ampuh sekali untuk menghabiskan waktu luang agar waktu sobat syahid tidak terbuang sia-sia dan tugas juga selesai tepat waktu. Dari sini kita juga bisa belajar untuk membagi waktu antara mengerjakan tugas kuliah dan me time di rumah nih, sobat syahid. Sekaligus membuat schedule atau jadwal untuk kegiatan produktif di rumah, sobat syahid  bisa atur sendiri kegiatannya sesuai dengan kebutuhan.

Sumber Foto : https://pixabay.com/id/illustrations/download-anak-laki-laki-pria-1666700/

6. Menulis

Menulis juga bisa menjadi pilihan bagus untuk mengisi libur kamu loh! Dengan menulis, kamu bisa mengekspresikan apa saja yang tidak dapat kamu ungkapkan secara langsung. Kamu juga bisa berdakwah lewat karya dari tulisan yang kamu buat. Dengan cara memposting hasil karyamu di sosial media. Bisa jadi karya yang kamu buat dapat menjadi inspirasi dan manfaat bagi orang lain. Asik kan sob?

Sumber Foto : https://pixabay.com/id/photos/laptop-komputer-browser-penelitian-2562325/

7. Memasak

Memasak adalah cara yang seru untuk menghabiskan waktu luang. Dengan memasak, kamu bisa sekaligus bereksperimen dengan masakanmu loh! Jangan lupa untuk mengajak keluargamu memasak agar suasana memasak menjadi ceria. Ini salah satu persiapan kita nanti lho buat para ukhty hihih…

Sumber Foto : https://pixabay.com/id/illustrations/latar-belakang-memasak-2362967/

8. Membersihkan Rumah

Membersihkan rumah juga bisa menjadi aktivitas yang seru untuk mengisi hari libur bersama keluarga. Dan hal ini juga bagus sekali dilakukan agar rumah tetap bersih dan terjaga kerapihannya. Sobat syahid pasti juga tahu dong peribahasa Arab yang berbunyi النَّظَافَةُ مِنَ الْإِيْمَانِ (Kebersihan adalah bagian dari iman). Yang berarti apabila kita menjaga kebersihan, maka itu juga dapat menjadi bentuk takwa kita kepada Allah. Eh, termasuk menjaga kebersihan diri juga lho yaa sobat syahid. Jangan sampai karena terus berada di rumah, sobat syahid malah malas mandi hihihi..

Sumber Foto : https://pixabay.com/id/photos/lego-legomaennchen-laki-laki-568039/

Tapi, ada hal yang kita lupa, termyata wabah penyakit yang kita hadapi adalah makhluk kecil di Bumi ini. Namun, banyak sekali yang Allah ingin beri kepada kita.

Apakah itu?

Hikmah..

Banyak sekali hikmah yang kita peroleh dari kasus virus corona ini, mulai dari rajinnya menjaga kesehatan, rajin belajar gegara kuliah online *upss nugas online tepatnya, rajin masak, tentunya lebih rajin beribadah. Mendekatkan diri sama Allah. Ngerasa umur ini udah ga panjang lagi, batuk dikit corona, flu dikit corona, apa apa selalu dikaitkan dengan corona. Etss, tapi luruskan niat kita yaa sobat syahid, kalau kita beribadah semata-mata hanya untuk Allah SWT.

Mumpung di rumah, coba deh kita renungkan lagi apa yang harus dipikirkan , dan merasa apa yang semestinya dirasa. Dan ternyaata… Ramadhan tinggal 31 hari lagi !! Masih ada yang terlupa ga ya kira-kira sobat syahid??

Coba deh, hitung hutang puasanya buat para ukhty.. sudah lunas belum? Yukk segara dilunaskan ^_^ Ngajinya juga ditingkatkan lagii, coba cicil baca ayat dan artinya.

Gimana? Hikmahnya ada dimana-mana kan sobat syahid? Kitanya aja nih yang masih diam dan merana heheh.. Ternyata Corona bukanlah ujian semata, bukan juga azab. Karena mungkin Corona hadir sebagai perantara dari Allah untuk membuat kita semua mengerti apa makna “mencari dan menjadi”. Mengejar dunia memang tidak mudah, namun jika akhirat yang kamu tuju, maka dunia akan melaju bersamamu.

Untuk Sobat Syahid dimana pun  berada, tetaplah menjaga apa yang harus dijaga yaa ^_^

Semoga bermanfaat yaa, produktif dimana pun berada hihihi..

Oh iya, mimin punya kabar gembira untuk sobat syahid lhoo!

Apaan tuh min?

Kami dari divisi media LDK Syahid 24 ingin memberikan wadah bagi sobat syahid yang ingin berkontribusi dalam dakwah kepenulisan niih..

Jadi buat kamu yang masih punya jiwa semangat  membara dan juga ingin mengisi waktu luang dengan kegiatan bermanfaat (produktif), yuk siapa yang mau gabung berkontribusi dalam dakwah di bidang kepenulisan, sobat syahid bisa banget kontak cp yang tertera di bawah ini :

Laki-laki     : +62 82114815473 (Andika)

Perempuan  : +6285376042679 (Eva)

Naah asik kan sobat syahid? Udah punya ide buat nulis, eh terus ada wadahnya buat menampung hasil karyanya, insya Allah bermanfaat bagi orang lain. yuk laah bisa langsung join lho sobat syahid ^_^

Udah deh mimin pamit undur diri dulu~

Jangan lupa jaga semangat dan kesehatannya yaa sobat syahid! Mimin tunggu pesan dari sobat syahid nih yaa, hehe

Wassalamualakum Warahmatullah Wabarakatuh..

Comments

comments