Makna Kebangkitan Nasional bagi Bangsa Indonesia

Hari Kebangkitan Nasional diperingati pada tanggal 20 Mei setiap tahunnya.  Hari Kebangkitan Nasional dilatarbelakangi oleh bangkitnya semangat nasionalisme, persatuan, kesatuan, dan kesadaran untuk memperjuangkan kemerdekaan Negara Indonesia. Kebangkitan Nasional di Indonesia ditandai dengan berdirinya organisasi Boedi Oetomo pada tanggal 20 Mei 1908. Peristiwa bersejarah tersebut menjadi pengingat generasi selanjutnya untuk selalu mempertahankan persatuan dan kesatuan NKRI.

Telah satu abad lebih kita memperingati pergerakan kebangkitan nasional. Sebuah momentum pergerakan nasional yang telah didorong perjuangan untuk mendapatkan perubahan yang besar. Sejarah menyebutkan, pada tanggal 20 Mei 1908 bertempat di STOVIA (School tot Opleiding van Indische Artsen), Dr. Soetomo beserta rekan-rekannya menggagas ide untuk mendirikan sebuah organisasi yang bergerak di bidang sosial, ekonomi dan kebudayaan. Ide yang dilontarkan Soetomo tersebut terinspirasi dari semangat dr. Wahidin Sudirohusodo yang ingin meningkatkan martabat rakyat dan bangsa Indonesia. Memontum pendirian organisasi Boedi Oetomo tersebut menjadi latar belakang Hari Kebangkitan Nasional.

Kondisi bangsa yang memprihatinkan itu merupakan pengaruh sistem kolonialisme yang berusaha “membodohi” dan “membodohkan” bangsa jajahannya. Hal tersebut terjadi karena sistem pendidikan yang rendah serta tertutupnya informasi mengenai dunia luar di kalangan masyarakat Indonesia, terutama kaum pribumi. Dari sanalah Dr. Soetomo berusaha menjadi motor perubahan beserta pelajar STOVIA untuk mendirikan perhimpunan di kalangan para pelajar guna membangun usaha untuk mengejar ketertinggalan serta membakar semangat untuk bangkit dan berjuang demi kemerdekaan Indonesia. Peringatan Kebangkitan Nasional adalah untuk mengenang kembali bagaimana semangat perjuangan bangsa Indonesia tempo dulu untuk mengisi kemerdekaan dengan berbagai pembangunan.

Mengutip Guru Figur Sentral dalam Pendidikan (2018) karya Agus Nurjaman, kebangkitan nasional memiliki makna atau arti penting yang sangat dalam bagi bangsa Indonesia. Kebangkitan Nasional merupakan bangkitnya semangat nasionalisme, persatuan, kesatuan dan kesadaran sebagai sebuah bangsa untuk menggabungkan diri melalui gerakan organisasi yang sebelumnya tidak pernah muncul selama penjajahan.

Kebangkitan Nasional merupakan cikal bakal persatuan seluruh pemuda di bumi nusantara yang bersumpah atas nama Indonesia. Mereka mengaku bertanah air, berbangsa dan berbahasa satu yaitu Indonesia, dengan tidak membeda-bedakan suku, agama, ras dan budaya. Kebangkitan nasional menunjukkan bahwa para pendiri bangsa Indonesia menjadikan keberagaman seabgai salah satu kekuatan negara kesatuan Indonesia.

Melalui makna Hari Kebangkitan Nasional, generasi penerus bangsa diharapkan dapat menangkap makna dan semangat kebangsaan yang telah dinyalakan oleh para pendahulu bangsa. Sehingga generasi penerus bangsa dapat mengembangkan berbagai upaya untuk mengatasi tantangan kehidupan berbangsa dan bernegara pada masa kini dan masa depan.

Comments

comments