BERBAGI ITU INDAH

Oleh Farhan Mukhatami

Tahun 2020 menjadi tahun yang begitu amat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Sebagaimana yang kita rasakan bersama saat ini, pandemi yang melanda negeri. Banyak masyarakat bahkan pemerintah yang terdampak akibat fenomena ini, tak terkecuali masyarakat kecil yang pastinya lebih menderita dari yang kita kira. Akibat pandemi ini kegiatan ekonomi di Indonesia mengalami penurunan pendapatan yang sangat signifikan, akibatnya banyak tenaga kerja yang harus di liburkan atau di PHK sehingga mereka sulit untuk mencari sepeser rupiah demi keluarga. Lalu melihat dampak dari pandemi bagi rakyat kecil dan para pekerja yang di PHK, maka hati kami tersentuh untuk bisa saling berbagi dan meringankan beban mereka untuk melangsungkan kehidupannya, walaupun tak seberapa tapi kami yakin bantuan sekecil apapun itu akan sangat berharga bagi mereka.

Kisah ini tentang kami, para alumni universitas yang berdomisili di daerah Bogor yang tergabung dalam organisasi Alumni Peduli Bogor. Awal mula organisasi ini terbentuk karena kami melihat dari hal tersebut, melihat dari dampak yang diakibatkan pandemi bagi rakyat kecil. Maka kami berinisiatif untuk bisa membantu atau sekedar meringankan beban mereka. Awalnya kami hanya beranggotakan 3 orang saja, lalu dengan kegigihan dan kerja keras kami menyebarkan info untuk para alumni mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi yang berdomisili di daerah kota dan kabupaten Bogor. Alhamdulillah dengan izin Allah swt kami bisa mengumpulkan orang-orang atau volunteer (relawan) sehingga jumlah anggota bertambah menjadi 14 orang. Tujuan kami mendirikan organisasi ini yaitu seperti hal yang dijelaskan sebelumnya, yaitu untuk membantu masyarakat atau rakyat kecil yang terdampak pandemi dengan memberikan sembako atau hal-hal bermanfaat lainnya. Awal kami bertemu dan tergabung dalam organisasi ini pertama membuat proposal kegiatan selama kedepannya untuk bisa mendapatkan dana yang nantinya akan disumbangkan dan kamipun membuat akun-akun di sosial media dan juga membuka donasi serta menggalang dana dengan menggunakan platform sosial media tersebut yang dikumpulkan dalam rekening organisasi kami. Setelah lama kami mengadakan penggalangan dana untuk saudara-saudara kita, para rakyat kecil yang terdampak pandemi. Akhirnya setelah cukup lama berjuang untuk mengumpulkan donasi, kami membeli beberapa sembako dan masker serta hand sanitizer untuk nantinya dibagikan kepada mereka yang lebih membutuhkan.

            Hari pertama kami berkumpul di sekitar tugu kujang yang berada di pusat kota Bogor. Dengan menerapkan protokol kesehatan yang sudah ditetapkan pemerintah, kami bersiap untuk terjun ke lapangan. Ternyata benar, disana masih banyak orang yang lebih membutuhkan, seperti para tunawisma, petugas kebersihan taman kota, anak-anak jalanan, para lansia yang berjualan, dan masih banyak yang lainnya. Kami berbagi dengan penuh gembira dan ikut merasakan kebahagiaan mereka pula, senyum serta tawa mereka membuat beban kami serasa hilang, hati kami terasa tenang, walaupun tidak seberapa tetapi dapat mengukir senyum bahagia di wajah-wajah mereka Dengan mengabadikan moment tersebut dengan kamera, kami menggunggahnya di sosial media yang kami punya, respon para netizen yang positif membuat kami bangkit dan semangat untuk tetap bisa bertahan dan berbagi semangat dengan mereka. Setelah selesai kegiatan tersebut, kami pun kembali ke rumah masing-masing. Alhamdulillah kegiatan tersebut dapat bermanfaat dan membawa berkah.

Untuk selanjutnya, kami mempunyai project yang lebih besar dengan berkolaborasi dengan lembaga ataupun organisasi lain. Kami ingin kegiatan tersebut lebih dapat meluas, bukan hanya di daerah Bogor saja, tetapi sampai ke daerah Jabodetabek bahkan sampai berbagai daerah di Indonesia. Semoga impian kami dapat terwujud demi membawa kebahagiaan dan keberkahan serta senyuman bagi mereka yang membutuhkan, di negara kita Indonesia.

Comments

comments