MUKER 2021 LDK Syahid 25

dokumentasi Muker 2021 LDK Syahid 25

Assalamulaikum kader Pilar Madani…

Pada Sabtu, (27/2) telah dilaksanakannya Musyawarah Kerja (Muker) Lembaga Dakwah Kampus (LDK) Syahid 25 UIN Syarif Hidayatullah Jakarta periode 2021, melalui Virtual Zoom Meeting. Muker kali ini bertemakan “Menegakkan Pilar Dakwah Menuju Kampus Madani” dimulai pada pukul 08.10 WIB yang dibersmai oleh Adnan Syauqi selaku Master of Ceremony dan diawali dengan pembacaan al-Quran oleh Alwan Naufal. Kemudian, dilanjutkan dengan sambutan dari Adams Pratama Yanuar selaku Ketua LDK Syahid 25.

Setelah sambutan dari Ketua LDK Syahid 25 ialah taujih yang disampaikan oleh Abdullah Hanif selaku Ketua LDK Syahid 23. Taujih yang disampaikan sesuai dengan tema muker kali ini dimana pokok bahasan taujih dibagi menjadi 4 poin besar. Poin pertama ialah Amanah dan Profesional meliputi alasan-alasan mengapa kita sebagai manusia khususnya kader dakwah harus menjalankan amanah, diantaranya seperti setiap kita akan diminta pertanggungjawaban, kita dilarang mengkhianati amanah, bahaya meninggalkan amanah, dan kita akan kehilangan ladang pahala apabila meninggalkan amanah. Sedangkan untuk profesionalisme Abdullah Hanif memaparkan hal-hal yang termasuk tindakan tidak profesional yang ada di sekitar kita, seperti ngaret (tidak tepat waktu), tahu bulat (serba dadakan), mepet, pembagian jobdesk kacau, Pakai kaos dan sandal, gaada lagu kebangsaan, budaya saling tunggu, mindset proker yang penting jalan, koordinasi buruk, dan mundur tanpa berita (muntaber) seenaknya.

Kemudian poin kedua dari taujih ialah Ukhuwah dan Solidaritas yang berisikan kiat-kiat untuk meningkatkan ukhuwah serta menjauhi hal-hal yang dapat merusak ukhuwah. Hal-hal yang dapat meningkatkan ukhuwah diantaranya dengan Ta’aruf (mengenal), Tafahum (memahami), Ta’awun (membantu), Al-Itsar (mendahulukan saudara daripada diri sendiri).

Sedangkan hal-hal yang merusak ukhuwah ialah olok-olok, mencela, dan memberi gelar buruk. Selanjutnya poin ketiga memberikan arahan kepada kabinet Pilar Madani bagaimana cara agar seluruh program kerja (proker)  yang telah disahkan pada hari ini berhasil, yaitu dengan meluruskan niat dengan karena Allah, mengingatkan secara rutin, memperkuat ukhuwah, menjunjung profesionalitas yang adaptif serta adanya konsolidasi komando. Poin terakhir ialah Muhasabah dengan maksud terus mengingat 2 hal yaitu kematian dan waktu.

Setelah ditutupnya taujih dilanjutkan dengan Sosialisasi Kode Etik Online dari Bidang Kaderisasi yang disampaikan oleh Munir Rahman selaku perwakilan bidang. Kemudian disambung dengan Launching Logo Kabinet Pilar Madani yang dibawakan oleh Bimo Finca selaku Koordinator Ikhwan Bidang Media LDK Syahid 25. Logo ini terdiri dari dua bentuk yaitu Pilar dan Bintang. Dimana pilarnya itu sendiri sebanyak 6 Pilar atau 5 Pilar sesuai dengan prespektif pandangan setiap yang melihat. Jumlah pilar merepresentasikan asas kehidupan bagi setiap muslim. 6 Pilar menggambarkan rukun iman dan  5 Pilar menggambarkan rukun islam.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan penyampaian proker dari 13 bidang dan biro yang dibagi menjadi 3 sesi. Sesi pertama dari pukul 09.45 WIB – 11.45 WIB diisi dengan penyampain proker dari Badan Pengurus Harian (BPH), Biro Kesekertariatan, Biro Keputrian, Bidang Kaderisasi (KDR), Bidang Syiar, dan ditutup dengan Bidang Hubungan Masyarakat (HUMAS) dan dilanjutkan kembali pukul 13.00 WIB.

Sesi kedua diisi dengan penyampain proker dari Bidang Pengembangan Ekonomi (PE), Biro Keuangan, Bidang Media, Bidang Pengembangan Bidang Akademik, Bakat dan Keilmuan (PABK), dan ditutup dengan Bidang Pos Solidaritas Umat (PSU) yang akan dilanjutkan kembali pukul 16.00 WIB. Sesi ketiga ialah penyampain proker dari Bidang Lembaga Tahfiz Qur’an (LTQ) serta Bidang Remaja Masjid Student Center.(RMSC). Kegiatan Muker kali ini kemudian ditutup dengan sesi foto bersama.

Comments

comments

Tinggalkan Balasan