TARHIB RAMADHAN 1442 H

Penyampaian materi ketiga oleh Syeikh Yousef Yahya AlHamidin yang didampingi oleh ust. Halimi sebagai penerjemah.

Minggu (11/4) telah dilaksanakan Tarhib Ramadhan 1442 H. Acara ini merupakan kolaborasi dari LDK Syahid dan KNRP Banten. Acara ini diisi oleh Muhammad Dzulfikar Al Haq, Susan San Soesilawati.SS, dan Syekh Yousef Yahya Alhamidin. Diselenggarakan pada pukul 09.00 WIB sampai dengan pukul 15.00 WIB. Acara dibagi menjadi dua sesi yang dimulai dengan sambutan pihak LDK Syahid sertapihak KNRP Banten.

Materi pada sesi pertama disampaikan oleh Muhammad Dzulfikar Al Haq, dengan mengangkat tema Moment of Change. Dzulfikar mengajak muslimin untuk beribadah semaksimal mungkin dalam menyambut bulan Ramadhan kali ini. Menyambut bulan Ramadhan tidak bisa sendirian, karena kemeriahannya tidak terlalu terasa. Diusahakan untuk terus mengajak muslimin lainnya untuk beribadah. Mengajak para muslimin dapat denngan cara seperti menargetkan khataman, saling mengingatkan salat sunnah, dan sedekah bersama. Dengan begitu, diri kita semakin semangat dan orang lain juga semangat dalam menyambut bulan Ramadhan.

Paket Ramadhan yang dapat dilakukan diantaranya dengan i’tikaf, tahajjud, khataman Alquran, dan zakat (Q.S Al-Baqoroh : 182-183).

Pada sesi kedua, materi dipaparkan oleh Susan San Soesilawati.SS. mengenai Palestina. Mengangkat cerita orang-orang Palestina yang selalu yakin bahwa Allah SWT akan menepati janjinya untuk memerdekakan Palestina. Oleh karena itu, masyarakat Palestina tidak pernah berputus asa dan selalu berjuang setiap harinya, walaupun harus mengalami penindasan dari zionis.

Susan menghimbau sebagai saudara sesama muslim, dianjurkan untuk membantu masyarakat Palestina dengan berbagai cara. Cara paling sederhana yaitu dengan mendoakan mereka. Sesi ini sangat mendalam dan menyentuh hati, menceritakan penderitaan yang dialami oleh masyarakat Palestina dan menceritakan betapa mereka sangat kuat sehingga patut dijadikan contoh dalam kehidupan kita sehari-hari, agar tidak mengeluh dalam menjalani hidup.

Kemudian, materi diberikan oleh Syeikh Yousef Yahya Alhamidin. Syeikh Yousef menyampaikan materi dengan bahasa Arab, yang kemudian diterjemahkan oleh Muhammad Hilmi dari Bekasi. Syeikh Yousef kini berada di Malaysia, ia menceritakan bagaimana hidup di Palestina.

Ia menceritakan betapa sulitnya belajar di Palestina karena tidak memiliki fasilitas yang memadai. Namun, semangatnya tidak pernah sedikitpun surut untuk belajar. Yousef sangat serius dan sungguh-sungguh pada setiap tugasnya. Hal inilah yang mengantarkan beliau lulus dengan gelar Jayyid Jadid (Hampir Sempurna).

Tidak sampai disitu, ia pun melanjutkan pendidikannya ke Malaysia. Hal tersebut bukanlah sesuatu yang mudah untuk masyarakat Palestina yang ingin melanjutkan pendidikan. Namun, atas berkat rahmat Allah SWT, ia dapat melalui setiap rintangan.

Yousef berpesan untuk tetap semangat dalam menjalani pendidikan dan selalu melaksanakan semua tugas serta tanggung jawab dengan sebaik-baiknya.

Dan ingatlah bahwa Q.S Al-Insyiroh bahwa Allah SWT tidak mencoba hambanya dengan cobaan yang tidak bisa dipikul oleh hambanya. Maka, yakinlah bahwa kalian dapat menyelesaikan semua cobaan dengan bantuan Allah SWT.

Semoga dengan acara Tarhib Ramadhan ini, kita semua semakin semangat untuk melaksanakan ibadah puasa dan ibadah penunjang lainnya di bulan Ramadhan. Semoga materi dari acara ini juga dapat diresapi untuk diterapkan di kehidupan sehari-hari.

Comments

comments

Tinggalkan Balasan