Sejarah LDK Syahid

6285256623940-1451661002

Tanggal 28 Mei 1996 dua puluh mahasiswa IAIN Jakarta dari lima fakultas dilantik sebagai pengurus LDK Syahid periode pertama 1996-1997. Pelantikan tersebut langsung dipimpin oleh Senat Mahasiswa Institut (SMI), Thobib El-Hasyr, sekaligus menandai kelahiran LDK Syahid dilingkungan IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta yang sekarang telah menjadi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Sangat sederhana, namun memendam kenangan dan usaha keras yang sebelumnya dilakukan. Ketua SMI saat itu, Muhammad Ali, adalah salah seorang yang memberikan jalan bagi berdirinya LDK Syahid di kampus peradaban ini dalam forum Majelis Perwakilan Mahasiswa Institut (MPMI) saat itu.

Usaha beliau dalam mensolidkan LDK dimulai dengan mengajak mahasiswa IAIN seperti Misbah (Ushuludin) yang saat itu aktif dilembaga ekstra kampus Fikratussalam yang bergerak di bidang dakwah. Selanjutnya dibentuk tim kecil yang bertugas mempersiapkan berdirinya LDK Syahid, baik persiapan konstitusi maupun persiapan teknis. Tim yang terdiri dari Deka Kurniawan (Ushuludin-Aqidah Filsafat ’93), Muhammad Mustofa (Syariah-MU ’94), dan Rinaldi Syafiq (Tarbiyah-Bahasa Arab ’94) itu dihasilkan dalam musyawarah yang dihadiri oleh sejumlah perwakilan fakultas.

Lambang LDK Syahid dan Filosofinya

CONVX4 Logo LDK SYAHID

Lembaga dakwah kampus syahid (LDK Syahid) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta sebuah organisasi dalam lingkup Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dilingkungan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta yang didirikan pada hari selasa 10 Muharram 1417 H bertepatan dengan tanggal 28 Mei 1996 M.

Memiliki lambang organisasi dengan bentuk elips yang tertulis diatasnya kata LEMBAGA DAKWAH KAMPUS.

Elips adalah bentuk gambar yang tidak putus, ini merepresentasikan bahwa organisasi LEMBAGA DAKWAH KAMPUS dijalankan dengan semangat ukhuwah islamiyah yang tidak putus dan menyambung satu sama lain. Dan didalam elips tertulis singkatan l.d.k dengan menggunakan huruf kecil, yang memberi kesan sejarah klasik yang melingkupi perjalanannya. Dan simbol bahwa organisasi l.d.k adalah sesuatu yang kecil dimata Allah Azza wa Jalla, sehingga ketundukan hanya pada-Nya semata. Namun disana dihiasi titik dengan warna merah, menandakan sikap tegas. Tidak mudah gentar, goyah, lemah, dan putus asa.

Dibawah singkatan tersebut tertulis kata SYAHID ditulis dengan huruf besar semua, seraya bercerita kepada kita tentang sebuah keberanian. Karena kalimat SYAHID sangat terasosiasikan dengan patriotisme dalam islam. Sehingga itu pula yang menjadi cita tertinggi, bahwa hidup menjadi mulia dan memuliakan Allah di dunia dan bercita menemuinya dengan SYAHID. Itu semua dibingkai dalam elips tadi, yang menyimbolkan sebuah ikatan yang kuat, saling menyambung.

Kemudian dibawah elips tersebut tertulis kata UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Yang merepresentasikan identitas LDK SYAHID yang berkedudukan di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Sebuah kampus yang menjadi acuan model generasi muda islam. Karena begitu kental dan identik dengan pendidikan islam yang modern dan moderat.

Lalu dihiasi dengan gambar bulan sabit yang didalamnya tertulis kata dalam bahasa arab Munazhomah Ad-Da’wah lil Jamiah. Yang artinya adalah Lembaga Dakwah Kampus. Menggambarkan budaya intelektual yang menjadi keseharian dari LDK Syahid. Tidak hanya berorganisasi semata namun mengembangkan kapasitas diri.

Sedangkan lambang bulan sabit hitam, menjelaskan kepada kita tentang ideologi yang dibawa oleh LDK Syahid adalah Islam. Bulan sabit yang identik dengan simbol Islam terpampang tegas hingga ia menjadi landasan atas semua aktivitas yang dilakukan oleh organisasi LDK Syahid.